Belum Semua Pedagang Kembali ke Pasar Kendal

Paska kegiatan renovasi yang dilakukan di Pasar Kendal, belum semua pedagang kembali menempati kiosnya yang semula berada di dalam pasar. Proses renovasi bangunan pasar sendiri telah selesai sejak awal Desember kemarin. Terlambatnya pedagang menempati kios lamanya di dalam pasar, dikarenakan sebagian pedagang masih mengumpulkan uang untuk melakukan pembangunan kios baru.

Seorang Pedagang di Pasar Kendal, Suroso, mengatakan, dirinya baru bisa mulai melakukan pembangunan kios sejak beberapa hari lalu, dan hari Minggu ini telah selesai sehingga bisa segera ditempati kembali.

“Pada waktu direnovasi, semua kios dibongkar dan kami telah disediakan kios gantinya di luar pasar, untuk ditempati sementara. Namun renovasi sudah selesai sehingga kami diminta kembali ke dalam pasar, namun untuk membangun kios baru, perlu uang dan waktu. Sehingga baru seminggu setelah renovasi selesai, kami bisa pindah kembali ke dalam pasar,” ujarnya.

Menurut Suroso, dirinya menghabiskan dana sekitar Rp4 juta hingga Rp5 juta, untuk pembangunan kios baru di dalam pasar. Selain itu, dirinya pun harus membutuhkan waktu tambahan guna memindahkan barang-barang dagangannya. “Ini kios saya baru selesai tadi, sehingga baru bisa mulai berdagang lagi di dalam pasar mulai Senin. Belum semua pedagang bisa kembali bangun kios baru di dalam pasar, sehingga masih ada yang tetap di luar, kata mereka nunggu ada uang dulu,” terangnya.

Semnetara itu, Kepala UPTD Pasar Kendal, Setiyono, menyatakan, agar para pedagang bisa secepatnya menempati kembali kiosnya yang ada di dalam pasar, karena renovasi telah selesai. Pasalnya terminal dan lahan parkir yang digunakan untuk tempat lapak sementara, merupakan pinjaman dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal dan waktu itu isinnya hanya sampai Desember.

“Renovasi sudah selesai sejak 4 Desember kemarin. Saya minta para pedagang secepatnya menempati lapak yang selesai direnovasi, kalau bisa 15 Desember sudah pindah semua,” ungkapnya.

Menurut Setiyono, terminal dan lahan parkir yang dipakai untuk lapak sementara, akan digunakan kembali untuk tempat parkir. Desember ini harus sudah selesai semua, dan awal tahun depan sudah seperti semula. Paska renovasi pasar, kondisi masih terlihat seperti semula, hanya lebih tinggi, sedangkan atap bangunan pasar masih tetap.

“Selain itu, bekas lapak-lapak yang berada di luar pasar, nantinya akan dilelang dulu, jadi butuh waktu. Diharapkan, para pedagang bisa menjaga kebersihan dan ketertiban, supaya masyarakat akan merasa nyaman saat berbelanja,” pungkasnya.

sumber

Be the first to comment on "Belum Semua Pedagang Kembali ke Pasar Kendal"

Leave a comment

Your email address will not be published.