Kendal Bakal Jadi Salah Satu Pusat Pembangunan Nasional

Kabupaten Kendal nantinya bakal menjadi salah satu lokasi pembangunan sejumlah proyek yang berskala nasional. Sebagai bagian dari tiga wilayah di Jawa Tengah yang akan dikembangkan oleh pemerintah pusat dan provinsi sebagai salah satu daerah yang berpotensi berkembang sangat pesat secara ekonomi dan letak wilayah yang strategis. Dikatakan oleh Kepala Bappeda Jawa Tengah yang diwakili Kasubid Pengembangan Wilayah Djati Setyarini, SE, MSi, Rabu ( 16 / 3 ) pada Musrenbang tingkat kabupaten di Pendopo Kendal.

Sebagai anggota dari wilayah Kedungsapur ( Kendal Demak Ungaran Salatiga dan Purwodadi ), menurut Djati, Kabupaten Kendal ditetapkan oleh Pemerintah sebagai lokasi beberapa proyek berskala nasional.   Beberapa pembangunan diantaranya Kabupaten Kendal sebagai kawasan ekonomi khusus, salah satu pusat distribusi, produksi alas kaki dan garment. Selain itu, akan dikembangkan pula potensi wisata untuk Curug Sewu dan Pantai Sendangsikucing dan potensi agrobisnis jambu getas merah dan pisang raja bulu serta optimalisasi stasiun agrobisnis. Untuk memperlancar transportasi slah satunya akan dibangun jalan yang berkualitas yang menghubungkan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Semarang melewati Kecamatan Boja dan Limbangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si menyambut baik rencana tersebut dengan mensinergikan rencana tersebut dengan pembangunan yang dilakukan Pemkab Kendal. ” Semua SKPD nantinya harus berlari kencang mulai tahun 2017 untuk membangun Kabupaten Kendal. sinergi dan kekompakan harus terbangun dengan landasan yang kuat untuk ‘ ndandani Kendal ‘, ” ajak Bupati Mirna.

Bupati Mirna juga mengajak legislatif ( DPRD Kendal ) untuk bisa saling mendukung dan tidak saling menjatuhkan namun semua bekerja atas dasar profesionalitas.

Pembangunan Kabupaten Kendal akan diprioritaskan untuk membangun infrastruktur sebagai urutan pertamadengan alokasi anggaran yang cukup namun dengan penyerapan yang ditingkatkan. Selain itu juga akan fokus untuk meningkatkan kesejahteraan warga Kabupaten Kendal dengan membangun bidang pendidikan, kesehatan dan pertanian.

Dalam bidang pendidikan, kualitas guru akan ditingkatkan dan raperda Diniyah dipercepat sehingga dpat diterpkan mulai 2017 untuk membentuk anak didik yang beraklak mulia.

Pembangunan bidang kesehatan akan peningkatan kualitas dan memperbanyak kader kesehatan, peningkatan Posyandu, perbaikan gizi serta penurunan angka kematian ibu dan balita.

Sementara di bidang pertanian dan perikanan, Pemkab Kendal akan meningkatkan nilai tukar petani dan nelayan dengan membangun bidang tersebut secara komprehensif.

Program e-goverment dan e budgeting akan mulai diterapkan pada 2017 dengan para aparat Pemkab Kendal terutema para pimpinan SKPD, para camat dan lurah / kades harus paham internet dan media sosial untuk berkomunikasi serta transparansi pengelolaan keuangan yang bisa dikontrol masyarakat Kabupaten Kendal.

Di sektor ekonomi, investasi dipermudah dengan pelayanan pemberian ijin yang mudah, cepat dan pasti aman baik untuk investasi skala besar, menengah maupun kecil.

Selain itu Bupati juga minta tiap SKPD untuk membuat dan melaksanakan program unggulan dan bertanggungjawab langsung dengan program yang dibuat tersebut.

Musrenbang dihadiri 325 peserta yang berasal dari SKPD Kabupaten Kendal, Forkopimda, LSM, anggota DPRD Kendal, akademisi, tokoh masyarakat dan utusan dari kabupaten tetangga. Pembicara yang hadir dari Bappeda Pemprov Jateng, Ketua DPRD Prapto Utono, Bupati Kendal beserta Wakil Bupati Masrur Masykur, Kepala Bappeda Kendal Moh Toha dan Kepala DPPKAD Tavip Purnomo.

sumber

Be the first to comment on "Kendal Bakal Jadi Salah Satu Pusat Pembangunan Nasional"

Leave a comment

Your email address will not be published.